Tupoksi Sub Bagian Keuangan dan Pelaporan

  1. Nama Jabatan          :PENGELOLA DATA LAPORAN KEUANGAN
  2. Kode Jabatan           : -
  3. Unit Organisasi
    1. Eselon I       :
    2. Eselon II      : SATPOL PP
    3. Eselon III      : SEKRETARIAT SATPOL PP
    4. Eselon IV      : SUB BAGIAN KEUANGAN
  4. Kedudukan dalam Struktur Organisasi :

 

 

  1. Ikhtisar Jabatan          :       

Melakukan kegiatan pengelolaan yang meliputi penyiapan bahan, koordinasi dan penyusunan laporan dibidang Pengelolaan Data Laporan Keuangan berdasarkan tugas pokok dan fungsi agar target kerja dapat tercapai sesuai dengan rencana.

 

  1. Uraian Tugas             :        

a. Menyusun program kerja dan jadwal keuangan sub bagian keuangan;

1) Mengumpulkan bahan program kerja dan jadwal kegiatan dari Dokumen Pelaksana Anggaran (DPA) SKPD;

2)   Membuat dokumen program kerja dan jadwal kegiatan sub bagian keuangan;

3)   Mengkonsultasikan dan mengkoordinasikan program kerja dan jadwal kepada pimpinan.

b. Menyusun DPA tahun anggaran dan DPA perubahan sub bagian keuangan;

1)   Membuat administrasi perencanaan anggaran kegiatan Penata usahaan Keuangan;

2)   Membuat administrasi perencanaan anggaran kegiatan Semesteran;

3)   Membuat administrasi perencanaan anggaran kegiatan Akhir Tahun.

  1. Mengelola pertanggung jawaban keuangan kegiatan Penata usahaan Keuangan SKPD;
  1. Menyusun dan menghitung kebutuhan anggaran;
  2. Mengecek ketersediaan anggaran kas;
  3. Membuat nota usulan kebutuhan anggaran;
  4. Membuat konsep pertanggung jawaban keuangan;
  5. Membuat daftar honor kegiatan;
  6. Membuat Surat Pesanan Barang kepada penyedia barang;
  7. Membuat Berita Acara Penerimaan Barang;
  8. Membuat Lampiran Berita Acara Penerimaan Barang;
  9. Membuat Berita Acara Pemeriksaan Barang;
  10. Membuat Lampiran Berita Acara Pemeriksaan Barang;
  11. Menyiapkan dan melampirkan dokumen-dokumen (bukti) yang sah sebagai kelengkapan surat pertanggungjawaban (SPJ);
  12. Menyerahkan SPJ kepada Pengguna Anggaran untuk ditandatangani;
  13. Menyerahkan Surat Pertanggung jawaban (SPJ) kepada Bendahara Pengeluaran.

 

  1. Mengelola pertanggung jawaban kegiatan Pelaporan Keuangan Semesteran
  1. Menyusun dan menghitung kebutuhan anggaran;
  2. Mengecek ketersediaan anggaran kas;
  3. Membuat nota usulan kebutuhan anggaran;
  4. Membuat konsep pertanggung jawaban keuangan;
  5. Membuat daftar honor kegiatan;
  6. Membuat Surat Pesanan Barang kepada penyedia barang;
  7. Membuat Berita Acara Penerimaan Barang;
  8. Membuat Lampiran Berita Acara Penerimaan Barang;
  9. Membuat Berita Acara Pemeriksaan Barang;
  10. Membuat Lampiran Berita Acara Pemeriksaan Barang;
  11. Menyiapkan dan melampirkan dokumen-dokumen (bukti) yang sah sebagai     kelengkapan surat pertanggungjawaban (SPJ);
  12. Menyerahkan SPJ kepada Pengguna Anggaran untuk di  tandatangani;
  13. Menyerahkan Surat Pertanggung jawaban (SPJ) kepada Bendahara Pengeluaran.
  1. Mengelola pertanggung jawaban keuangan kegiatan Pelaporan Keuangan Akhir Tahun;
  1. Menyusun dan menghitung kebutuhan anggaran;
  2. Mengecek ketersediaan anggaran kas;
  3. Membuat nota usulan kebutuhan anggaran;
  4. Membuat konsep pertanggungjawaban keuangan;
  5. Membuat daftar honor kegiatan;
  6. Membuat Surat Pesanan Barang kepada penyedia barang;
  7. Membuat Berita Acara Penerimaan Barang;
  8. Membuat Lampiran Berita Acara Penerimaan Barang;
  9. Membuat Berita Acara Pemeriksaan Barang;
  10. Membuat Lampiran Berita Acara Pemeriksaan Barang;
  11. Menyiapkan dan melampirkan dokumen-dokumen (bukti) yang sah sebagai     kelengkapan surat pertanggungjawaban (SPJ) ;
  12. Menyerahkan SPJ kepada Pengguna Anggaran untuk ditandatangani;
  13. Menyerahkan Surat Pertanggung jawaban (SPJ) kepada Bendahara Pengeluaran.

f.    Menyusun bahan Laporan Keuangan Kegiatan Sub Bagian Keuangan;

1)  Menghimpun dokumen pertanggung jawaban kegiatan Penata usahaan, Semesteran dan Akhir Tahun;

2)  Mengetik laporan keuangan;

3)  Menyerahkan laporan kepada pimpinan untuk di tandatangani.

g. Membuat Buku Kas Umum Sub Bagian Keuangan;

1)  Menghimpun dokumen pertanggung jawaban kegiatan  Penata usahaan Keuangan, Akhir Tahun dan Semesteran;

2)  Membukukan dokumen pertanggung jawaban  kegiatan Penatausahaan Keuangan, Akhir Tahun dan Semesteran.

h.   Membuat Rekapitulasi Data Kegiatan dan Anggaran untuk Belanja Langsung (LS) SKPD.

         1)  Menghimpun data anggaran dan dokumen pertanggung jawaban kegiatan LS dari sekretariat dan bidang;

      2)  Merekapitulasi data anggaran dan dokumen pertanggung jawaban kegiatan LS dari sekretariat dan bidang.

i.    Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan pimpinan baik lisan maupun tertulis;

1)  Mempelajari penugasan yang diberkan pimpinan;

2)  Menyiapkan bahan-bahan pelaksanaan tugas;

3)Menjalankan tugas sesuai dengan arahan dan aturan yang ada;

4)  Melaporkan hasil pelaksanaan tugas.

  1. Bahan Kerja                              :  

No

Bahan Kerja

Digunakan dalam tugas

  1.  

Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA)

Menyusun program kerja dan jadwal

  1.  
  • Renja Sub Bagian Keuangan
  • Jadwal Kegiatan

Menyusun RKA/DPA

  1.  

Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA)

Mengelola pertanggung jawaban keuangan kegiatan Penata usahaan Keuangan SKPD.

  1.  

Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA)

Mengelola pertanggung jawaban kegiatan Pelaporan Keuangan Semesteran

  1.  

Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA)

Mengelola pertanggung jawaban keuangan kegiatan Pelaporan Keuangan Akhir Tahun

  1.  

SPJ Kegiatan Penata usahaan Keuangan SKPD, Semesteran dan Akhir Tahun

Menyusun bahan Laporan Keuangan Kegiatan Sub Bagian Keuangan

  1.  

SPJ Kegiatan Penata usahaan Keuangan SKPD, Semesteran dan Akhir Tahun

Membuat Buku Kas Umum Sub Bagian Keuangan

  1.  

Dokumen Pengadaan/ Penunjukan Langsung (LS)

Membuat Rekapitulasi Data Kegiatan dan Anggaran untuk Belanja Langsung (LS) SKPD.

  1.  

Petunjuk dan arahan pelaksanaan tugas

Melaksanakan tugas lain yang diberikan pimpinan

 

  1. Perangkat/Alat Kerja      :      

No

Alat Kerja

Digunakan dalam tugas

  1.  

SOP dan Petunjuk Teknis

Menyusun program kerja dan jadwal

  1.  

SHT (Standar Satuan Harga Tertinggi)

Menyusun RKA/DPA

  1.  
  • SHT (Standar Satuan Harga Tertinggi)
  • Peraturan Bupati Nomor 6 Tahun 2017 tentang Pedoman Teknis Penata usahaan Keuangan Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah.
  • Peraturan Perpajakan

Mengelola pertanggung jawaban keuangan kegiatan Penata usahaan Keuangan SKPD.

  1.  
  • SHT (Standar Satuan Harga Tertinggi)
  • Peraturan Bupati Nomor 6 Tahun 2017 tentang Pedoman Teknis Penata usahaan Keuangan Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah.
  • Peraturan Perpajakan

 

Mengelola pertanggung jawaban kegiatan Pelaporan Keuangan Semesteran

  1.  
  • SHT (Standar Satuan Harga Tertinggi)
  • Peraturan Bupati Nomor 6 Tahun 2017 tentang Pedoman Teknis Penata usahaan Keuangan Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah.
  • Peraturan Perpajakan

Mengelola pertanggung jawaban keuangan kegiatan Pelaporan Keuangan Akhir Tahun

  1.  

SOP dan Petunjuk Teknis

Menyusun bahan Laporan Keuangan Kegiatan Sub Bagian Keuangan

  1.  

SOP dan Petunjuk Teknis

Membuat Buku Kas Umum Sub Bagian Keuangan

  1.  

SOP dan Petunjuk Teknis

Membuat Rekapitulasi Data Kegiatan dan Anggaran untuk Belanja Langsung (LS) SKPD.

  1.  

Peraturan Terkait dan Arahan Pimpinan

Melaksanakan Tugas Kedinasan Lain

 

  1. Hasil Kerja                   :      

No

Hasil Kerja

Satuan

  1.  

Dokumen program kerja dan jadwal

Dokumen

  1.  

Dokumen RKA/DPA

Dokumen

  1.  

Dokumen pertanggung jawaban keuangan kegiatan Penata usahaan Keuangan SKPD.

Dokumen

  1.  

Dokumen pertanggung jawaban keuangan kegiatan Pelaporan Keuangan Semesteran

Dokumen

  1.  

Dokumen pertanggung jawaban keuangan kegiatan Pelaporan Keuangan Akhir Tahun

Dokumen

  1.  

Laporan Keuangan Kegiatan Sub Bagian Keuangan

Laporan

  1.  

Buku Kas Umum (BKU)

Dokumen

  1.  

Dokumen Rekapitulasi Data

Dokumen

  1.  

Laporan Tugas Kedinasan Lain

Dokumen

 

  1. Tanggung Jawab                     :  
    1. Kebenaran dan keakuratan penyusunan program kerja dan jadwal keuangan sub bagian keuangan
    2. Kebenaran dan keakuratan penyusunan RKA/DPA tahun anggaran dan DPA perubahan sub bagian keuangan;
    3. Kebenaran dan keakuratan pengelolaan pertanggungjawaban keuangan kegiatan Penata usahaan Keuangan SKPD;
    4. Kebenaran dan keakuratan pengelolaan pertanggung jawaban keuangan kegiatan Pelaporan Keuangan Semesteran;
    5. Kebenaran dan keakuratan pengelolaan pertanggung jawaban keuangan kegiatan Pelaporan Keuangan Akhir Tahun;
    6. Kebenaran dan keakuratan penyusunan bahan Laporan Keuangan Kegiatan Sub Bagian Keuangan;
    7. Kebenaran dan keakuratan pembuatan Buku Kas Umum Sub Bagian Keuangan
    8. Kebenaran dan keakuratan pembuatan Dokumen Rekapitulasi Data Kegiatan dan Anggaran untuk Belanja Langsung (LS) SKPD.

 

  1. Wewenang                  :  
    1. Mengakses data yang dibutuhkan dalam penyusunan laporan keuangan sebagai bahan pertanggun gjawaban kegiatan SKPD
    2. Menolak memberikan informasi yang bersifat rahasia
    3. Memberikan koreksi untuk perbaikan dokumen penata usahaan keuangan
    4. Membantu kelancaran pelaksanaan kegiatan di bagian keuangan
  2. Korelasi Jabatan               :  

No

Jabatan

Unit Kerja/Instansi

Dalam Hal

  1.  

Sekretaris Badan

Satpol PP

Konsultasi Pelaksanaan Tugas

  1.  

Kepala Sub Bagian Keuangan

Satpol PP

Konsultasi dan koordinasi Pelaksanaan Tugas

  1.  

Bendahara

Satpol PP

Koordinasi Pelaksanaan Tugas

  1.  

Pengelola Gaji

Satpol PP

Koordinasi Pelaksanaan Tugas

  1. Kondisi Lingkungan Kerja    :  

No

Aspek

Keterangan

  1.  

Tempat kerja

Di dalam ruangan

  1.  

Suhu

Suhu kamar normal

  1.  

Udara

Sirkulasi baik

  1.  

Keadaan ruangan

Luas

  1.  

Letak

Rata

  1.  

Penerangan

Cukup

  1.  

Suara

Tidak berisik

  1.  

Keadaan tempat kerja

Bekerja dengan berkas kertas

  1.  

Getaran

Tidak ada

 

 

  1. Resiko Bahaya                    :

No

Bahaya Fisik/Mental

Penyebab

  1.  

-

-

 

 

 

  1. Syarat Jabatan                  :
    1. Pangkat/Golru         :   Pengatur, II/c
    2. Pendidikan             :   D.IIIBidang Teknik Informatika/ Manajemen Teknik Informatika/ Administrasi Perkantoran/ Manajemen
    3. Diklat                     
      1. Penjenjangan        : -
      2. Teknis               :  
          • Teknis Pengelolaan dan Penyusunan Laporan Keuangan Daerah
          • Teknis Sistem Akuntansi Pemerintah Daerah
          • Teknis Perpajakan Pemerintah Daerah
    4. Pengalaman Kerja     :   1 tahun di bidang keuangan
    5. Pengetahuan Kerja   :  
      1. Manajemen Akuntansi/Keuangan
      2. Manajemen Perencanaan Barang dan Jasa
      3. Pengadaan Barang dan Jasa
      4. Peraturan tentang APBN/APBD
      5. Perpajakan
    6. Keterampilan Kerja   :  
      1. Melakukan Audit/Pembukuan Keuangan
      2. Memberikan Pelayanan di Bidang Keuangan
      3. Mengoperasikan Internet
      4. Mengoperasikan Komputer
      5. Pemeriksaaan terhadap Pengelolaan Keuangan
    7. Bakat Kerja            :  
      1. G: Intelegensi
      2. V: Verbal
      3. Q: Ketelitian
      4.  N: Numerik
    1. Temperamen           :  

R : Kemampuan menyesuaikan diri dalam kegiatan-kegiatan yang berulang, atau secara terus menerus melakukan kegiatan yang sama, sesuai dengan perangkat prosedur, urutan atau kecepatan yang tertentu.

T :   Kemampuan menyesuaikan diri dengan situasi yang menghendaki pencapaian dengan tepat menurut perangkat batas, toleransi atau standar-standar tertentu.

    1. Minat Kerja            :  
      1. C: Konvensional
      2. R: Realistik
    1. Upaya Fisik           :    
      1. Bicara
      2. Duduk
      3. Berjalan
    1. Kondisi Fisik         :    
      1. Jenis Kelamin    :  Laki-laki/Perempuan
      2. Umur              :  tidak ada syarat khusus
      3. Tinggi Badan    :  Minimal Laki-laki 165cm wanita 160cm
      4. Berat Badan     :  tidak ada syarat khusus
      5. Postur Badan    :  Tegap
      6. Penampilan       :  Rapi
    1. Fungsi Pekerjaan        :
      1. Data               :  D4. Menghitung data
      2. Orang             :  O8 Menerima Instruksi
      3. Benda             :  B6 Memasukkan, mengeluarkan barang ke/dari mesin
  1. Prestasi Kerja yang Diharapkan :

No

Hasil Kerja

Waktu penyelesaian (menit)

Volume (setahun)

  1.  

Dokumen program kerja dan jadwal

1200

3

  1.  

Dokumen RKA/DPA

1500

3

  1.  

Dokumen pertanggung jawaban keuangan kegiatan Penata usahaan Keuangan SKPD.

 

1290

12

  1.  

Dokumen pertanggung jawaban keuangan kegiatan   Pelaporan Keuangan Semesteran

 

1770

2

  1.  

Dokumen pertanggung jawaban keuangan kegiatan Pelaporan Keuangan Akhir Tahun

 

1650

1

  1.  

Laporan Keuangan Kegiatan Sub Bagian Keuangan

 

660

12

 

  1.  

Buku Kas Umum (BKU)

 

300

12

  1.  

Dokumen Rekapitulasi Data

 

25

421

  1.  

Laporan Tugas Kedinasan Lain

 

90

12




MUHAMMAD HAFIZ ARIEF, SE
MUHAMMAD HAFIZ ARIEF, SE